Minggu, 10 April 2011

Open Source di Bidang Kesehatan


Melalui ARRA (American Recovery and Reinvesment Act 2009), sebanyak US$19 miliar akan didedikasikan untuk teknologi di bidang kesehatan dalam waktu lima tahun kedepan. Keseluruhan program ini dikenal sebagai HITECH. Jika teknologi ini bersifat open source, maka teknologi inni akan memiliki standar EHR (Elektronik Health Record) yang terbuka.

Sistem EHR OPEN SOURCE DIBANGUN DI ATAS VistA(Veterans Health Information System and Technology Architecture, domain publik EHR US Veterans Administration). Inti dari kode open source VistA disebut WorldVista. Seerti Linux dengan Cannonical dan Novell, WorldVista dikomersilkan oleh ISVs(Independent software vendors). Yang paling dikenal adalah Medsphere Open Vista.

Software WorldVisata dibuat dengan Linux yang minimum, bahasa GT.M (sebuah implementasi Massachusetts Genaral Hospital Utility Multi Programming System), EsiObjects (sebuah MUMPS object extension), dan VistA. Caatatan yang ada saat ini mungkin berserakan. WorldVista menjanjikan sebuah acara untuk menangani EHR.

sumber : www.computerworld.com

0 comments: