Senin, 11 April 2011

Web untuk Kepentingan Bisnis


Jika kita sudah tau cara-cara membuat bermacam situs, maka sudah dapat dipastikan seorang pebisnis online tidak hanya membuat beberapa blog saja. Mereka akan membuat website seperti Facebook, Twitter, Youtube dan situs canggih lainnya. Nah ada baiknya kita memiliki strategi yang tepat untuk direncanakan pada tahun-tahun kedepannya. Strategi yang saya anjurkan adalah buatlah satu pasukan web, yang artinya buatlah website dengan level prajurit, komandan dan juga level jendral. Dengan membuat beberapa model website ini maka diharapkan kedepannya usaha bisnis online akan lebih tangguh dan tidak akan mati.

Situs product review, mini site, portal berita, product comparation, directory dan berbagai situs yang diisi sendiri contentnya disebut sebagai situs yang berlevel prajurit.

Situs ruang iklan, forum, lelang, biro jodoh, market place, content sharing dan lain-lain sebagainya dikelompokkan kedalam level komandan. Yah betul karena pemilik situs tersebut kerjanya mirip seperti komandan, mereka tinggal melakukan approve atau reject terhadap data-data yang diinputkan member kedalam situsnya. Lebih enak jadi komandan bukan dibandingkan dengan prajurit ? he he he.

Ada sebuah situs yang tidak membutuhkan proses approval setiap kali ada member/pengunjung yang mengisikan content. Situs ini bisa berjalan secara otomatis tanpa campur tangan pemiliknya lagi. Walaupun pada kenyataannya sang Jendral akan terus memantau dan mengembangkannya. Situs Facebook, twitter dan yang sejenis dikelompokkan kedalam level Jendral.

Nah jadi buatlah beberapa situs berlevel prajurit, lanjutnya dengan yang jenis komandan juga tidak lupa untuk mengusahakan yang level jendral. Dengan variasi situs ini yang saling mendukung (backlink) satu dengan yang lainnya diharapkan model bisnis online kita akan maju. Yah kita selalu berusaha membuat situs-situs baru yang terbaik.

0 comments: