Senin, 11 April 2011

sejarah W3C

World Wide Web Consortium
World Wide Web Consortium (W3C) didirikan oleh Tim Berners-Lee setelah ia meninggalkan Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) pada bulan Oktober, 1994. Ini didirikan di Institut Teknologi Massachusetts Laboratorium Ilmu Komputer (MIT / LCS) dengan dukungan dari Komisi Eropa dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), yang telah merintis internet.

W3C diciptakan untuk memastikan kompatibilitas dan kesepakatan di antara anggota industri dalam penerapan standar baru. Sebelum penciptaan, versi kompatibel dari HTML ditawarkan oleh vendor yang berbeda, meningkatkan potensi inkonsistensi antara halaman web. Konsorsium ini dibentuk untuk mendapatkan semua vendor untuk menyepakati seperangkat prinsip inti dan komponen yang akan didukung oleh semua orang.

Itu awalnya dimaksudkan bahwa CERN tuan rumah cabang Eropa W3C, namun, CERN ingin fokus pada fisika partikel, bukan teknologi informasi. Pada bulan April 1995, Institut nasional de halus en Informatique et en automatique (INRIA) menjadi tuan rumah Eropa W3C, dengan Universitas Keio menjadi cabang Jepang pada bulan September 1996. Mulai tahun 1997, W3C dibuat kantor regional di seluruh dunia, pada tanggal 2009, ia memiliki delapan belas Kantor Dunia yang meliputi Australia, negara-negara Benelux (Belanda, Luksemburg, dan Belgia), Brazil, Cina, Finlandia, Jerman, Austria, Yunani, Hong Kong, Hungaria, India, Israel, Italia, Korea Selatan, Maroko, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, dan Inggris Raya dan Irlandia.

Pada bulan Januari 2003, tuan rumah Eropa dipindahkan dari INRIA ke Eropa Research Consortium untuk Informatika dan Matematika (ERCIM), sebuah organisasi yang mewakili laboratorium ilmu komputer Eropa nasional.

Timeline
1981-1984-Bekerja di Riset Mesin merancang dan mengembangkan perangkat lunak untuk jaringan lokal mesin Z80 untuk digunakan di sekolah.

1984-1985-Bekerja sebagai pengembang perangkat lunak di HP Kantor Produktivitas Divisi bekerja pada solusi cetak jarak jauh

1985-2000-Bekerja sebagai Peneliti di Hewlett-Packard Labs (HP) di Bristol, Inggris, di mana dia bekerja pada berbagai proyek termasuk sistem pakar, hypertext, jaringan, web browser dan server, embedded system , sistem suara interaktif respon.

Sejak tahun 1992 Raggett adalah involed dalam pengembangan World Wide Web setelah dia bertemu Tim Berners-Lee.

Pada tahun 1993, Raggett mencurahkan waktu luangnya untuk mengembangkan sebuah browser web yang disebut Arena di mana ia berharap untuk menunjukkan spesifikasi baru dan masa depan HTML. Pengembangan browser ini lambat karena Raggett adalah pengembang tunggal dan HP, yang seperti banyak perusahaan komputer lainnya pada saat itu, adalah tidak yakin bahwa Internet akan berhasil dan dengan demikian tidak mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam pengembangan web browser.

Dalam Tenun Web: Desain Original dan Ultimate Destiny dari World Wide Web oleh penemunya, Tim Berners-Lee wrote:

Salah satu pengembang beberapa komersial untuk bergabung kontes adalah Dave Raggett di Hewlett-Packard di Bristol, Inggris. Dia menciptakan sebuah browser yang disebut Arena. HP memiliki konvensi bahwa seorang karyawan bisa melakukan kerja terkait, berguna, tetapi tidak resmi untuk 10 persen dari waktu kerja nya. Dave menghabiskan 10 persen waktu itu, ditambah banyak malam hari dan akhir pekan, di Arena. Ia yakin bahwa halaman web hypertext bisa jauh lebih menarik, seperti halaman majalah bukan halaman buku teks, dan bahwa HTML dapat digunakan untuk posisi tidak hanya teks pada halaman tapi gambar, tabel, dan fitur lainnya. Dia menggunakan Arena untuk menunjukkan semua hal ini, dan untuk bereksperimen dengan berbagai cara membaca dan menafsirkan baik HTML yang valid dan salah menulis halaman.

Raggett menunjukkan browser pada World Wide pertama Web Conference di Jenewa, Swiss pada tahun 1994 dan 1994 konferensi ISOC di Praha untuk menunjukkan aliran teks di sekitar gambar, bentuk, dan aspek lain dari HTML kemudian disebut sebagai HTML + spesifikasi [9] Raggett kemudian. bermitra dengan CERN, untuk mengembangkan Arena lebih lanjut sebagai bukti konsep browser untuk pekerjaan ini. Menggunakan browser Arena, Dave Raggett, Henrik Frystyk Nielsen, HÃ¥kon Wium Lie dan lain-lain menunjukkan aliran teks sekitar gambar dengan keterangan, tabel resizable, latar belakang gambar, matematika HTML, dan fitur lainnya.

* 25-27 Mei 1994 Raggett menunjukkan browser pada World Wide Web pertama Conference di Jenewa, Swiss
* 13-17 Juni 1994 ISOC konferensi di Praha

Pada tahun 1994, Raggett menyelenggarakan burung dari bulu (BOF) pada HTTP, dan pergi untuk memulai dan kursi kelompok IETF HTTP kerja, serta mendorong karya awal standar pada HTML +, HTML 3.0, tabel HTML dan bekerja dengan NCSA pada desain bentuk HTML.

Untuk 1995-1997 Raggett bekerja pada sebuah tugas di MIT Laboratorium Ilmu Komputer di Cambridge Misa sebagai bagian dari perannya sebagai Fellow W3C.

Pada tahun 1998 ia mengadakan lokakarya W3C Membentuk Masa Depan dari HTML.

2000-2003 Raggett bekerja di Openwave Systems sebagai manajer teknis untuk keterlibatan Openwave dalam World Wide Web Consortium (W3C), dan W3C Fellow (anggota staf W3C). Openwave memiliki pengalaman dengan VoiceXML untuk unified messaging. Mereka juga berencana untuk menambahkan dukungan untuk layanan mobile multimodal, tetapi harus memfokuskan kembali karena melemahnya belanja oleh operator telekomunikasi seluler.

2003-2006-Bekerja di Canon sebagai konsultan yang bekerja pada mendorong evolusi standar untuk interaksi multimodal dan lainnya W3C teknologi.

2006-2007 Bekerja di Volantis sebagai Kepala Peneliti bekerja pada standar dan bukti terkait implementasi konsep berfokus pada kerja standar di Web Ubiquitous.

VRML Istilah ini diciptakan oleh Dave Raggett dalam makalah disampaikan kepada Dunia Pertama Wide Web Conference pada tahun 1994, dan pertama kali dibahas pada WWW94 VRML BOF didirikan oleh Tim Berners-Lee, dimana Mark Pesce disajikan demo Labyrinth ia dikembangkan dengan tony Parisi Kennard dan Peter.

sumber : wikipedia

0 comments: